Selama ini banyak orang beranggapan bahwa kolesterol tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun hal tersebut merupakan salah satu kesalahan terhadap pemahaman kolesterol. Kolesterol tetaplah penting bagi tubuh kita, hanya saja jumlahnya tidak boleh berlebihan. Jumlah kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya. Sebelum hal itu terjadi mari simak cara pencegahan kolesterol berikut ini.

Kolesterol merupakan zat yang berguna untuk menjalankan fungsi tubuh sakh satunya untuk proses metabolisme tubuh. Selain itu, kolesterol juga berguna sebagai pembungkus jaringan saraf (myelin), melapisi selaput sel, dan untuk pelarut vitamin. Pada anak-anak, kolesterol sangat baik untuk mengembangkan jaringan otak. Kolesterol jahat biasa diperoleh dari makanan sehari-hari seperti otak, jeroan, daging, dan kulit ayam. Kolesterol berasal dari lemak yang menghasilkan 9 kkal/gram lemak yang dimakan. Sementara itu, karbohidrat dari tepung dan gula hanya menghasilkan 4 kalori. Lemak yang kita konsumsi terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Keduanya sangat dibutuhkan untuk membantu kinerja tubuh.

Macam-macam Kolesterol

Sebelum kita bahas tentang pencegahan kolesterol. Mari mengenal terlebih dahulu tentang kolesterol tersebut. Lemak yang kita konsumsi biasanya terdiri dari susunan kolesterol trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Tiga jenis pertama disebut lipoproten yang dibagi menjadi 5 bagian yaki:

  • Kilomikron,
  • Very low density lippoprotein (VLDL),
  • Intermediate density lippoprotein (IDL),
  • Low density lippoprotein (LDL), dan
  • Hight density lippoprotein (HDL).

Dari berbagai jenis lipoprotein tersebut yang paling penting untuk diketahui adalah jenis kolesterol jahat (LDL) dan Kolesterol baik (HDL). Berikut adalah penjabarannya :

  • Low Density Lippoprotein ( LDL )

LDL merupakan lipoprotein yang berfungsi mengangkut kolesterol terbesar untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh dan pembuluh nadi. LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena sifatnya yang arterogenik (mudah melekat pada dinding pembuluh darah). Hal tersebut dapat menimbulkan penumpukan lemak dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah (arterosclerosis).

Kadar LDL yang ada dalam tubuh tergantung seberapa jumlah asupan lemak yang kita konsumsi. Semakin banyak lemak yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula kadar LDL dalam darah.

  • Hight Density Lippoprotein ( HDL )

Berbeda dari LDL yang disebut-sebut sebagai kolesterol jahat, HDL atau high-density lipoprotein justru dikenal sebagai kolesterol baik. Pasalnya, kolesterol HDL justru menghilangkan kolesterol LDL yang tidak berada di tempat yang tidak semestinya. Tentu saja hal tersebut akan menjaga tubuh terhindar dari sejmlah penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Dan berikut ini adalah beberapa hal-hal penting yang harus kamu ketahui tentang HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh :

  • HDL merupakan lipoprotein yang mengandung Apoprotein A.
  • Fungsi utama dari HDL adalah membawa kolesterol bebas dari dalam endotel kemudian melanjutkannya ke pembuluh darah parifer, lalu keluar tubuh melalui empedu.
  • Kinerja HDL tersebut dapat mengurangi penimbunan kolesterol di parifer.
  • Karena sifatnya yang mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh, maka sangat baik jika HDL dalam tubuh selalu tinggi.
  • Penyebab rendahnya kadar HDL dalam tubuh biasanya disebabkan oleh obesitas, perokok berat, sering minum minuman beralkohol, penderita diabetes melitus yang tidak terkontrol, pemakaian alat KB, serta pada orang-orang yang tidak aktif bergerak.

 

Gejala Kolesterol Tinggi

tips pencegahan kolesterol tinggi-gejala-kolesterol-tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan medis. Selain itu pula, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh juga dapat diketahui melalui gejala dan tanda-tanda berikut ini.

  • Kesemutan

Kesemutan biasanya disebabkan oleh duduk terlalu lama karena posisi yang tidak berubah. Namun tahukah kamu bahwa sering mengalami kesemutan merupakan salah satu ciri dari penyakit kolesterol tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

  • Bentuk Kuku yang Berubah

Untuk mengetahui gejala kolesterol ini biasanya ditandai dengan penebalan yang terjadi pada kuku dan pertumbuhan kuku yang melambat. Penyebab perubahan pada kuku tersebut ialah asupan darah yang menuju kuku tidak mencukupi karena sirkulasi darah yang terganggu atau terhambat.

  • Kram

Gangguan ini biasanya muncul pada malam hari dan biasanya mengganggu bagian kaki seperti pada kaki bagian bawah, jemari kaki, atau tumit. Rasa kram pada kaki ini biasanya bisa diatasi dengan meletakkan pada posisi menggantung atau diletakkan lebih tinggi dari posisi badan.

  • Nyeri

Gejala ini merupakan salah satu gejala yang umum dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi. Biasanya akan timbul rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada kaki serta pada jari-jari tangan. Rasa nyeri yang timbul biasanya disebabkan oleh pembuluh arteri yang tersumbat sehingga aliran darah yang seharusnya mencapai bagian-bagian tubuh menjadi terhambat.

Banyak penderita kolesterol tinggi yang mengatakan bahwa kaki dan jari tangan akan terasa nyeri ketika sedang beristirahat. Saat beraktivitas, rasa nyeri tersebut akan menghilang. Namun setelah digunakan beraktivitas agak lama, rasa nyeri itu akan datang kembali.

Baca juga >> Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi Bisa Mengancam Jiwa

Cara Pencegahan Kolesterol Tinggi

tips pencegahan kolesterol tinggi-cara-pencegakan-kolesterol-tinggi

Agar tidak mengalami kadar kolesterol tinggi, maka upaya pencegahan kolesterol yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menerapkan Pola Makan Sehat. 

Tips pencegahan kolesterol yang pertama, kamu bisa melakukannya dengan membatasi mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan hindari konsumsi minuman beralkohol. Perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan ikan. Bagi kamu yang mungkin kurang suka sayur dan buah segara ubah kebiasaan tersebut. Sudah bukan rahasia umum bahwa sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan gizi juga kaya. Begitu juga dengan buah. Jika kamu ingin menghindari risiko akibat kolesterol tinggi, makan banyak sayuran dan buah akan sangat membantu.

Baca Juga >> 10 Jenis Ikan dan Seafood Yang Tinggi Kolesterol

  • Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu juga bisa melakukan pencegahan kolesterol dengan senam untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit tiap hari. Misalnya jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

  • Menurunkan Berat Badan Berlebih

Dengan menurunkan berat badan, dapat mempengaruhi kadar kolesterol total sehingga bisa menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

  • Menghentikan Kebiasaan Merokok

Di antara berbagai cara di atas, ternyata merokok juga bisa mempengaruhi jumlah kolesterol dalam darah. Bahkan, dilansir dari laman everydayhealth.com menyebut jika berhenti merokok ternyata dapat menjaga kadar kolesterol normal. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mengubah kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh semakin bersifat ‘merusak’. Bahkan, kolesterol LDL pada perokok cenderung menimbulkan plak pada pembuluh arteri.

  • Mengonsumsi Makanan Berserat

Serat merupakan salah satu zat yang cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol secara alami. Makanan berserat tinggi berperan penting dalam mengurangi jumlah kolesterol LDL dan juga trigliserida dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari buah-buahan dan sayuran.

  • Hindari Konsumsi Junk Food

Nah, salah satu cara yang mungkin dicap sebagai cara yang cukup sulit adalah mengindari atau bahkan tidak mengonsumsi junk food. Hal ini rupanya berkaitan dengan kandungan lemak jenuh yang terdapat pada junk food (makanan-makanan cepat saji). Kandungan lemak jenuh tersebut dapat menyebabkan kenaikan jumlah kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuh. Maka dari itu, kurangi atau hindari makanan-makanan seperti burger, hotdog, French fries untuk menjaga kolesterol tetap normal.

Kategori: Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *