Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak trans yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan pula. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah pola hidup dengan cara: memakan makanan dengan zat gizi seimbang (jangan mengomnsumsi lemak berlebihan), rajin berolah raga (disarankan minimal 3x/minggu), melakukan terapi kolesterol, memperbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food, junk food atau gorengan.

Makanan yang tinggi akan kolesetrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab utamanya kolesterol tinggi kebanyakan adalah karena makanan sehari hari yang tidak. Tapi, selain makanan ternyata ada penyebab lain yang perlu diketahui, yaitu :

  • Berat badan berlebih ( obesitas )
    Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.
  • Kurang bergerak dan jarang berolahraga
    Kurang bergerak dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).
  • Makanan sehari-hari
    Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging sapi dan kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan atau minyak kelapa. Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi, sehingga disarankan untuk lebih wapada terhadap makanan sehari-hari agar tidak berlebih.
  • Umur dan jenis kelamin
    Setelah manusia mencapai usia 20 tahun, kadar kolesterol akan mulai naik. Pada pria, kadar kolesterol umumnya tingkat off setelah usia 50 sementara pada wanita, kadar kolesterol tinggal cukup rendah sampai menopause, setelah mereka naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada pria.
  • Faktor Genetik.
  • Merokok
  • Mengonsumsi Obat Tertentu
  • Penyakit Tertentu
    Bisa saja ketika kamu sudah berusaha menjauhi makanan berlemak tapi ternyata kolesterol masih tinggi. Memiliki penyakit tertentu seperti diabetes atau penyakit hipotiroidisme juga dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

 

Kenapa Kolesterol Harus Diturunkan?

Kadar kolesterol yang tinggi yang sudah melebihi kadar normal jika dibiarkan berlama-lama akan mengendap dalam pembuluh darah membuat pembuluh darah menyempit dan semakin menyempit hingga dapat tersumbat. Pada kondisi inilah yang menjelaskan mengapa kolseterol tinggi berbahaya. Sebagai akibatnya dapat menimbulkan penyakit berbahaya, diantaranya Stroke, jantung koroner, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pembuluh darah.

 

Terapi Medis Kolesterol Tinggi

terapi kolesterol-terspi-medis

Memperbanyak Mengonsumsi Omega-3

Lemak tak jenuh, atau yang biasa disebut dengan asam lemak omega-3 dipercaya baik untuk tubuh. Lemak ini terdapat dalam buah alpukat dan minyak ikan yang berasal dari ikan makarel, ikan salmon, dan tuna. Untuk orang-orang dengan tingkat trigliserida tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi dua porsi minyak ikan dalam seminggu.

Minum Obat Penurun Kolesterol

Ada beberapa jenis obat kolesterol yang biasa diberikan oleh dokter dengan cara kerja yang berbeda-beda, diantaranya:

  • Statin

Statin bekerja dengan memblokir enzim pembentuk kolesterol  di dalam organ hati. Obat-obatan yang termasuk jenis statin adalah simvastatin, antrovastatin dan rosuvastatin. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini adalah sakit kepala, nyeri otot, dan masalah pada pencernaan seperti diare ataupun sembelit.

  • Aspirin

Aspirin dalam dosis rendah dapat membantu mencegah terbentuknya pembekuan darah, terutama untuk orang yang usianya lebih dari 40 tahun yang memiliki risiko terkena penakit kardiovasikular ( CVD ). Namun, obat ini tidak disarankan bagi penderita yang memiliki gangguan hati.

  • Ezetimibe

Ezetimbe adalah obat yang bekerja menghalangi penyerapan kolesterol yang beraasal dari makanan. Obat ini memang tidak seefektif statin, Akan tetapi ezetimibe sangat minim efek sanping.

 

Terapi Refleksi Kolesterol Tinggi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kolesterol tinggi, salah satunya adalah dengan metode terapi pijat refleksi yang terbukti mampu mengatasi masalah kolesterol tinggi. Metode pengobatan ini juga sangat aman, murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

terapi kolesterol-pijat-refleksi

Untuk meminimalisir masalah serius yang di akibatkan oleh kolesterol tinggi dalam darah, segera lakukanlah pengobatan. Berikut ini adalah beberpa titik refleksi kolesterol tinggi yang bisa dilakukan seperti pada gambar di bawah ini,dengan titik refleksi terdiri dari 10 di telapak kaki dan 5 di telapak dan punggung tangan.

terapi kolesterol tinggi-titik-refleksi

Keterangan gambar:

  • Nomor 1 merupakan titik refleksi otak kecil di telapak kaki kanan dan kaki kiri.
  • Nomor 2 dan 3 masing masing merupakan titik refleksi kelenjar paratiroid dan tiroid.
  • Nomor 4 pada telapak kaki kanan adalah titik refleksi hati.
  • Nomor 5 adalah titik refleksi kelenjar adrenal.
  • Nomor 6, 7 dan 8 merupakan titik refleksi ginjal, saluran kencing dan kandung kemih.
  • Nomor 9 merupakan titik refleksi jantung yang hanya ada di bagian telapak kaki kiri saja.
  • Nomor 10 adalah titik refleksi kelenjar limpa di telapak kaki kiri.
  • Nomor 11 merupakan titik refleksi ginjal di jari kelingking kanan dan kelingking kiri.
  • Nomor 12 merupakan titik refleksi inti jantung di kedua telapak tangan.
  • Nomor 13 di ruas atas jari tengah kanan dan kiri merupakan titik refleksi jantung.
  • Nomor 14 merupakan titik refleksi hati(liver) di ruas bawah jari manis kanan dan kiri.
  • Nomor 15 adalah titik refleksi tekanan darah pada punggung tangan kanan dan kiri.

Cara melakukan terapi refleksi

Untuk memulai terapi refleksi kolesterol tinggi, pertama yang harus dilakukan adalah memehami letak titik refleksi yang dibutuhkan seperti pada gambar diatas, setelah itu Kamu bisa melakukan pemijatan pada titik refleksi telapak kaki secara berurutan, dimulai dari titik refleksi di telapak kaki kanan dan kiri kemudian dilanjutkan pada telapak dan punggung tangan.

Lakukan pemijatan pada titik tersebut selama minimal 3 menit pada setiap titiknya, untuk tahap awal lakukanlah terapi 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Setelahnya kamu bisa melakukan terapi 1 kali sehari sampai kadar kolesterol didalam darah kembali normal. Minumlah banyak air putih setelah selesai terapi.

 

Kolesterol tinggi bisa menjadi sebab timbulnya penyakit serius lainnya, oleh karena itu memberi perhatian khusus pada kadar kolesterol agar tetap pada batas normal sangatlah penting supaya terhindar dari penyakit yang lebih serius. Untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya hindari makanan yang berkolesterol tinggi dan mulailah pola hidup sehat dari sekarang.

 

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *