Bolehkah penderita kolesterol minum kopi? Mungkin banyak orang yang bingung dan bertanya tanya dengan baik buruknya minum kopi bagi penderita kolesterol tinggi. Kolesterol sendiri merupakan semacam lipid yang berupa seperti lilin, dimana kolesterol ini memiliki peranan penting di dalam tubuh. Memiliki peranan penting? Lalu, mengapa banyak orang yang khawatir dengan kolesterol tinggi?

Kelebihan kardar kolesterol bukanlah suatu hal yang baik. Hal ini disebabkan karna kadar kolesterol jahat( LDL ) yang justru semakin meningkat sementara kadar kolesterol baik ( HDL ) semakin menurun. Akibat yang ditimbulkan kolesterol tinggi atau berlebihan  ini dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi. Salah satu penyebabnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti seafood, daging kambing, kuning telur dan lain sebagainya.

Bolehkah Penderita Kolesterol Minum Kopi ? Apakah Berbahaya?

penderita kolesterol minum kopi-bolehkah

Menurut para ahli, bahwa dengan meminum kopi yang telah disaring memiliki efek terhadap kolesterol yang jauh lebih sedikit dibandingkan mengonsumsi kopi tanpa menggunakan filter. Proses penyaringan ini dapat membantu mengurangi sebagian besar zat yang yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michael J. Klag dan beberapa rekannya di tahun 2001 tentang hubungan kopi dengan kadar kolesterol. Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang yang meminum kopi rata-rata enam cangkir per hari mengalami peningkatan kadar kolesterol total dan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Hal ini terjadi karena kopi yang dikonsumsi tersebut tersebut tidak disaring terlebih dahulu. Meskipun beberapa waktu ini ada yang mengatakan bahwa kopi yang  disaring juga memberikan efek terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh. Dari sini kita ketahui bahwa, bagi penderita kolesterol minum kopi tidaklah dianjurkan. Bagi kamu yang gemar minum kopi dan punya riwayat kolesterol tinggi sebaiknya kurangi atau mengatur jumlah dalam mengonsumsinya.

Kamu tak harus berhenti minum kopi. Untuk menyiasati hal tersebut,  kamu bisa menggunakan penyaring kertas (paper filter) sewaktu menyeduh kopi.

Cara ini akan membuat kandungan kafestol yang ada pada kopi tertinggal dalam saringan tersebut. Atau, gunakan metode penyaringan, seperti menggunakan mesin pembuat kopi tetes (drip coffee maker).

Waspadai penambahan bahan-bahan tertentu ke dalam kopi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Bahan-bahan tersebut diantaranya seperti krim (creamer), atau makanan berlemak dan berkalori tinggi yang disajikan bersama kopi sebagai kudapan ringan.

Jangan pernah menggunakan lagi bubuk kopi yang telah diseduh sebelumnya. Cuci kembali teko kopi, saringan, dan peralatan lainnya setelah digunakan. Umumnya, para dokter mengatakan bahwa minum kopi sebaiknya dibatasi, tidak lebih dari 3 cangkir per hari.

Baca juga >> Manfaat Teh Hijau Untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Manfaat Kopi

penderita kolesterol minum kopi-manfaat-kopi

Meskipun memiliki kandungan kolesterol, namun kopi juga memiliki manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, yaitu :

  • Membuat umur panjang

Tahukah kamu bahwa angka kematian pada peminum kopi diketahui dapat berkurang hingga 20%(pada pria) dan 26% (pada wanita) dalam jangka waktu sekitar 18 tahun hingga 24 tahun. Para penderita diabetes tipe II juga memiliki kesempatan hidup yang jauh lebih lama karena 70% diantaranya ikut mengonsumsi kopi secara aktif.

  • Memberikan rasa bahagia

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health pada tahun 2011, risiko depresi akan semakin berkurang sebanyak 20% pada seorang wanita yang mengonsumsi 4 gelas kopi dalam jangka waktu satu hari.

  • Membuat tubuh lebih bertenaga

Kafein yang terkandung pada kopi dapat membantu mendorong kadar epinephrine atau kadar adrenalin yang berada di dalam darah. Hal inilah yang dapat memacu tubuh menjadi lebih bertenaga. Pasalnya kafein akan membantu menghancurkan sel lemak tersebut kemudian mengubahnya menjadi tenaga. Maka dari itu, dianjurkan untuk kamu mengonsumsi secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum kamu berolahraga.

  • Dapat meningkatkan kecerdasan

Di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang merupakan kandungan psikoaktif. Kafein yang kemudian akan diserap hingga mencapai ke otak. Kafein ini nantinya akan berperan dalam memblokir adenosine. Alhasil, kinerja otak akan bekerja lebih maksimal. Selain itu, kopi juga dapat mendukung sifat kognitif otak yang membantu memperkuat daya ingat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan dan masih banyak lagi.

  • Membantu membakar lemak

Selain membantu menghilangkan rasa kantuk, minum kopi ternyata juga dapat menjadi salah satu suplemen pembakar lemak. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh kafein yang menjadi salah satu bahan alami yang terdapat di dalam kopi. Peneliti memaparkan bawa kafein tersebut dapat membantu membakar lemak tubuh serta membantu meningkatkan sistem metabolisme yang mencapai 3 sampai 11 persen. Akan tetapi, proses membakar lemak ini tidak selamanya efektif bagi orang-orang yang sudah lama atau yang biasa mengonsumsi kopi.

Bolehkan penderita kolesterol minum kopi? Pertanyaan tersebut telah terjawab pada pembahasan di atas. Semoga bermanfaat !

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *