Berapakah Sebaiknya angka normal kolesterol itu ? Dan apakah kamu sudah mengecek kadar kolesterol di dalam tubuh kamu? Jika belum, cobalah ingat – ingat kembali jenis makanan apa saja yang kamu konsumsi akhir – akhir ini. Karena batas angka normal kolesterol sangat dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari, baik itu dari jenis makanan yang dikonsumsi sampai pola hidup kamu. Jika kamu slektif dalam memilih makanan dan tidak malas berolahraga, kadar kolesterol dalam tubuh pasti akan tetap seimbang.

Jika kamu menerapkan pola hidup yang tidak sehat, kamu bisa terserang berbagai masalah penyakit akibat kolesterol tinggi. Dari mulai stroke, jantung koroner hingga serangan jantung. Karena itu, ketahui angka normal kolesterol untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya yang tidak diinginkan.

Baca juga >> Waspasda !!! Bahaya Akibat Kolesterol Bisa Mengancam Jiwa

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang berada di dalam tubuh manusia. Tubuh kita memproduksi dan memerlukan kolesterol dalam proses biologi yang disebut metabolisma. Namun jika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebihan dan tidak terkontrol malah dapat menimbulkan masalah kesehatan. Selain diproduksi dari dalam tubuh (organ hati), kolesterol dalam tubuh kita juga berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Beberapa bahan makanan yang mengandung kolesterol antara lain daging sapi, produk susu, kuning telur, gorengan dan lain sebagainya.

Pengertian Mengenai Angka Kolesterol Dalam Darah

Angka kolesterol dalam darah adalah besaran yang menujukkan jumlah kadar kolesterol dalam satuan milligram  yang terkandung dalam setiap deciliter darah. Satuan angka kolesterol darah adalah milligram/deciliter yang biasanya disingkat menjadi mg/dL.

Pentingnya Mengetahui Angka Normal Kolesterol Darah

Kolesterol dapat terlarut di dalam darah. Jumlah kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah. Kolesterol yang menumpuk tersebut akan mengeras dan mempersempit pembuluh darah, bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir.

Jumlah kolesterol yang berlebihan dalam darah dapat memicu munculnya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, terutama penyakit jantung koroner dan stroke. Oleh karena itu sangat disarankan terutama bagi orang dewasa untuk memeriksakan kesehatan secara berkala setidaknya sekali dalam satu tahun untuk mengetahui angka kolesterol darah.

Jenis – Jenis Kolesterol Dalam Darah

 

angka normal kolesterol-hdl-dan-ldl

Ada dua jenis kolesterol yang paling utama yaitu High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL).
HDL dikenal sebagai jenis kolesterol baik, karena jenis kolesterol ini mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Dalam rentang angka normal, angka HDL yang lebih tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan angka HDL yang rendah.
Sementara itu, LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena jenis kolesterol ini dapat menyebabkan menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah. Jika angka LDL yang lebih tinggi dari kadar HDL maka akan lebih beresiko terkena penyakit berbahaya.

Berapakah Angka Kolesterol Normal Itu?

Kadar kolesterol dalam darah sebaiknya diperiksa paling tidak setiap lima tahun sekali pada setiap orang yang berusia di atas 20 tahun. Tes ini biasa disebut dengan profil lipid. Sangat penting untuk mengetahui kadar angka kolesterol normal yang ada dalam tubuh. Sehingga kamu bisa mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.

Kolesterol total menunjukkan jumlah kolesterol HDL, kolesterol LDL, trigliserida, dan komponen lipid lainnya. Trigliserida merupakan jumlah lemak dalam darah yang biasanya diperoleh dari makanan. Kelebihan kalori, gula, dan kadar aolkohol dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak dalam tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu perlu simak daftar angka normal kolesterol berikut ini :

  • Angka Kolesterol Total

    – Angka koleserol total kurang dari 200 mg/dL ( baik )
    – Angka koleserol total berkisar antara 200  sampai 239 mg/dL (batas normal tertinggi)
    – Angka kolesterol total lebih dari atau sama dengan 240mg/dL (tinggi)

  • Angka kolesterol HDL

    – Angka kolesterol HDL kurangf dari 40 (rendah)
    – Angka kolesterol HDL berkisar antara 40 sampai 59 mg/dL ( baik )
    – Angka kolesterol HDL lebih dari atau sama dengan 60 mg/dL (tinggi)

  • Angka kolesterol LDL

    – Angka kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL ( baik)
    – Angka kolesterol LDL berkisar antara 100 sampai 129 mg/dL (mendekati optimal)
    – Angka kolesterol LDL berkisar antara 130 sampai 159 mg/dL (batas normal tertinggi)
    – Angka kolesterol LDL berkisar antara 160 sampai 189 mg/dL (tinggi)
    – Angka kolesterol LDL lebih dari atau sama dengan 190 (tinggi)

Jika hasil pemeriksaan darah menujukkan kadar kolesterol yang tidak normal, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan bantuan mengenai cara memperbaiki angka kolesterol tetap normal.

Baca juga >>  7 Cara Mengecek Kolesterol Sendiri di Rumah Tanpa Alat

Bagaimana Cara Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh Tetap Normal?

angka normal kolesterol-agar-kolesterol-tetap-normal

Kamu bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar bagar tetap dalam batas normal dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga angka kolesterol tetap normal :

  • Konsumsi makanan yang sehat.

Konsumsilah makanan yang berserat tinggi karena serat dapat membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, pilihlah lemak yang sehat untuk dikonsumsi, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Kandungan lemak pada bahan makanan ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol LDL.

  • Olahraga Teratur

Berolahraga setidaknya selama 30 sampai 60 menit per hari. Dengan berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

  • Jaga Berat Badan Ideal.

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

  • Berhenti Merokok.

Tembakau dalam rokok dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

 

Baca juga :

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *