Menurut para dokter ahli ternyata cara mengetahui tanda kolesterol turun ataupun masih tinggi hanya dapat dilakukan dengan cara melakukan cek darah. Beberapa penderita banyak yang mengeluh saat melakukan konsultasi dengan berbagai macam gejala yang dirasakan yang bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kolesterol rendah.

Jenis penyakit yang satu ini memang banyak menyerang orang dewasa dan lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kalangan muda juga dapat terkena penyakit kolesterol meski tidak dalam kadar yang terlalu tinggi dan sering naik turun. Sehingga orang yang terkena gejala kolesterol menjadi risau dan selalu berjaga-jaga agar kadar kolesterol di dalam tubuh tetap normal.

Faktanya, kolesterol dalam kadar tertentu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentukan hormon dan diproses di dalam tubuh menjadi lemak sebgai sumber energi dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Namun, akibat kolesterol yang terlalu tinggi justru berbahaya bagi kesehatan.

Di jaman sekarang sangatlah mudah menemukan berbagai makanan junk food yang sangat banyak kandungan lemak jahat di dalamya. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

Penyakit yang paling sering disebabkan akibat dari kolesterol tinggi seperti yang kita ketahui ialah penyakit jantung dan stroke. Penelitian mengatakan penyakit ini termasuk jenis penyakit berat yang cukup mematikan. Dengan alasan inilah pasien penderita kolesterol selalu berusaha untuk menekan kadar kolesterol dalam darah agar dapat menurun karena takut bahaya akibat kolesterol tinggi.

Namun,berhati hatilah dalam menurunkan kadar kolesterol. Sebab, jika kadar kolesterol terlalu rendah pun tidak baik untuk kesehatan.

Apakah jika kadar kolesterol turun atau rendah itu pertanda baik?

Jawabannya belum tentu dan kamu tidak bisa memastikan sendiri dengan langsung mengambil keputusan. Karena bisa jadi itu pertanda buruk bagi kesehatan tubuh yang dapat memicu hal lainnya. Kamu harus mengetahui angka normal kolesterol yang dibutuhkan. Kenali jenis-jenis kolesterol baik itu kolesterol baik (HDL) maupun kolesterol jahat (LDL) karena sama-sama memiliki peranan penting. Lebih disarankan untuk kamu melakukan konsultasi ke dokter sekaligus  melakukan pengecekan darah. Karena bisa saja ketahanan dan daya tubuh seseorang akan berbeda-beda untuk mengetahui tanda kolesterol turun atau cara mengetahui kadar kolesterol turun.

Baca juga >> Kadar Kolesterol Normal Pada Wanita

Cara Mengetahui Tanda Kolesterol Turun

Meski kolesterol bermanfaat bagi tubuh, namun dari hal tersebut seseorang bisa menderita penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol tinggi maupun rendah. Cara mengetahui tanda kolesterol turun dapat menjadi antisipasi untuk penanganan yang bisa anda lakukan. Dari beberapa sumber menyatakan beberapa tanda kolesterol turun yaitu:

  • Sinusitis

Ciri yang satu ini ditandai dengan adanya peradangan pada rongga sinus. Penyebabnya karena tidak mengatur pola makan dengan baik dan kurang selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang kurang baik (junk food) akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan akan berpengaruh terhadap penyakit kolesterol yang kamu alami. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya kolesterol rendah/turun.

  • Pandangan mata gelap mendadak

Selain pasien yang mengalami penyakit mata minus atau silindris, saat kamu melakukan suatu kegiatan berat seperti mengetik dan berlama-lama di depan laptop namun tiba-tiba pandangan mata menjadi gelap, bisa jadi pertanda bahwa kolesterol anda sedang turun. Namun kamu harus menyesuaikan dengan keadaan diri pada saat itu, kenali alasan penyebab terjadinya dengan baik. Mungkin saja hal tersebut terjadi karena pada hari itu kamu memiliki jadwal yang sangat padat dikantor sehingga mata kelelahan.

  • Telinga berdenging

tanda kolesterol turun-telinga-berdenging

Sama kasusnya seperti pandangan mata menjadi gelap secara mendadak pastikanlah bahwa kamu tidak memiliki riwayat penyakit apapun di telinga. Sebagai contoh anda tidak habis berenang, mendengarkan musik terlalu lama, atau terkena sesuatu di bagian dalam telinga. Jika kamu tidak melakukan kegitan tersebut namun telinga menjadi berdenging pada frekuensi waktu tertentu maka bisa jadi tanda kadar kolesterol di dalam tubuh kamu harus ditingkatkan.

  • Terdapat bercak kuning pada bagian kelopak mata atas

Cara mengetahui tanda kolesterol turun selanjutnya adalah mengecek apakah terdapat bercak kuning pada bagian kelopak mata. Namun bisa saja ini gejala penyakit kuning atau penyakit lainnya yang memberikan gejala atau tanda pada kelopak mata. Disarankan untuk langsung konsultasi pada dokter ahli dan lakukan pemeriksaan agar penyakit yang tidak diinginkan dapat langsung ditangani.

  • Muncul kekuningan pada jari

Jika kamu mengalamai gejala seperti ini ada dua kemungkinan yang mungkin terjadi sebagai tanda kolesterol turun. Selain penyakit kuning, bisa saja kadar kolesterol kamu terlalu rendah. Segeralah konsultasi dengan dokter untuk dilakukan tindakan lanjut

  • Nyeri pada bagian dada

tanda kolesterol turun-nyeri-dada

Apabila pasien penderita kolesterol sudah mengalami ciri sesak pada bagian dada, kemungkinan kolesterol tendah atau tinggi sudah pada tingkat yang menghawatirkan. Kolesterol yang tidak normal dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini ditandai dengan gejala yang sama seperti nyeri dan sesak di bagian dada.

  • Hipertensi ( Darah Tinggi )

Cara mengetahui kolesterol turun yan terakhir adalah dengan mengetahui apakah kamu hipertensi. Karena penderita yang mengalami hipertensi biasanya berpengaruh pada kadar gula darah. Kadar gula darah akan cenderung naik pada penderita hipertensi. Sehingga hal tersebut menimbulkan terganggunya kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

Lalu bagaimana cara mengatasi kolesterol yang turun atau rendah?

Dari beberapa tanda kolesterol turun di atas, alternatif yang paling tepat kamu lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal tersebut bertujuan untuk dilakukan tes darah agar hasilnya lebih meyakinkan dan tindakan yang harus diambil tidak salah.

Untuk menghindari kolesterol turun atau rendah banyak hal yang bisa dilakukan. Diantaranya dengan rutin mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi seperti jeruk, mangga dan apel.

Jaga pla makan agar kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Hindari makan yang berlebihan. Kamu harus bisa memilih apa saja makanan yang harus dihindari dan apa saja makanan yang harus dikonsumsi.

Mulai dari sekarang kamu harus merubah pola hidup dengan melakukan senam untuk penderita kolesterol, minum minuman untuk turunkan kolesterol, atau bisa coba ramuan tradisional penurun kolesterol, serta pola tidur dan makan yang tepat.

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *