Kolesterol adalah suatu bentuk lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya bersumber dari makanan. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada dinding pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko penyempitan saluran arteri, seperti stroke ringan, stroke dan serangan jantung. Namun kamu tidak perlu khawatir, sekarang ini banyak jenis obat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mulai dari obat hermal, minuman penurun kolesterol sampai tanaman penurun kolesterol yang akan kita bahas sesaat lagi.

Penyebab Koleterol Tinggi

Penyebab umum kolesterol tinggi biasanya dari pola makan yang kurang sehat dan  kurang tepat seperti makanan berlemak tinggi antara lain daging, jeroan, ayam sayur dan makanan yang mengandung lemak tinggi lainnya.

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menjadi sumber timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Tingginya kolesterol bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola hidup tidak sehat, stres atau faktor genetik. Namun, salah satu sumber kolesterol yang menimbulkan penyakit kolesterol adalah dari makanan. Kamu perlu waspada terhadap berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kamu harus menghindari makanan pantangan bagi penderita kolesterol.

Setelah makanan, penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah pola hidup yang kurang sehat. Kebiasaan itu misalnya saja jarang berolahraga dan kebiasaan makan yang buruk. Berikut ini Beberapa faktor penyabab kolesterol tinggi yang patut diwaspadai :

  • Usia diatas 40 tahun
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Mengonsumsi Junk Food
  • Obesitas (berat badan berlebih)
  • Kurang berolahraga
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Mengidap penyakit tertentu misal liver, ginjal, dan tiroid

Tanaman Penurun Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menjadi salah satu penyakit atau masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan.

Kolestrol tinggi bisa menjadi bahaya bila terus dibiarkan begitu saja bisa memicu stroke, penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Selain konsumsi obat kolesterol di apotik kamu juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman penurun kolesterol berikut ini untuk dijadikan obat alami penurun kolesterol, diantaranya adalah :

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat obat dan penyembuhan yang luar biasa dan menyembuhkan hampir semua penyakit. Bawang putih kaya akan vitamin, mineral, serat serta mengandung sejumlah besar sulfur yang tidak hanya mengatur kadar asam urat tetapi juga menurunkan jumlah asam urat dalam darah. Mengonsumsi dua siung bawang putih dengan air setiap pagi akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Bawang merah

Tahukah kamu? Selain bawang putih ternyata bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi loh. Para ilmuwan di Hong Kong menemukan bahwa bawang merah membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Secara tidak langsung hal ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Pegagan / Daun Tapak Kuda

Dari hasil riset Yun Zhao dari Medical College, Xiamen University, Cina di tahun 2014 silam, ekstrak tumbuhan Pegagan atau biasa disebut juga Daun Tapak Kuda (Centella asiatic) sanggup menurunkan kadar kolesterol sebesar 79% dan trigliserida sebesar 95%.

4. Mengkudu / Pace

tanaman penurun kolesterol-mengkudu

Tumbuhan atau tanaman penurun kolesterol selanjutnya ialah Mengkudu. Ekstrak tumbuhan Mengkudu atau Paace (Morinda citrifolia) merupakan sumber zat proxeronine yang efektif menurunkan kadar kolesterol karena bersifat menghilangkan lemak pada darah & membatasi tubuh Anda menyerap lemak berlebihan.

5. Kunyit

Kunyit (Curcuma xanthorhiza) mengandung kurkuminoid (kurkumin & desmetoksikurkumin) yang berkhasiat meningkatkan kadar koleterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol LDL & trigliserida dalam darah. Tanaman penurun kolesterol yang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh, akar tanaman kunyit ini mampu menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Baca juga >> 10 Ramuan Tradisional Penurun Kolesterol Tinggi dan Mudah Dibuat

6. Mahkota Dewa

Dari sejumlah penelitian membuktikan ekstrak tumbuhan Mahkota Dewa yang bernama latin Phaleria macrocarpa mengandung zat aktif asam galat. Asam tersebut berfungsi meningkatan jumlah reseptor yaitu kolestrol jahat (LDL) di membran sel. Oleh karena itu lebih banyak kolesterol LDL dalam darah yang diendositosis ke dalam sel, hingga otomatis kadar kolestrol LDL dalam darah ikut turun.

7. Kayu Manis

Kayu Manis atau yang bernama latin Cinnamomum verum  mampu menjaga tubuh dari serangan jantung atau stroke akibat penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Menurut seorang peneliti Indonesia, Purwijantinigsih mengatakan Cinnamomum verum mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang mencegah terjadinya proses oksidasi pada kolestrol LDL (penyebab penyempitan pembuluh darah).

8. Akar Manis

tanaman penurun kolesterol-akar-manis

Akar manis bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami. Namun yang perlu diingat bila  ingin menurunkan kolesterol menggunakan akar manis, pastikan dosis yang digunakan sudah tepat dan tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

9. Sambiloto

Daun sambiloto memang sangat terkenal baik untuk kesehatan. Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol saja, daun sambiloto juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

10. Seledri

Tanaman penurun kolesterol terakhir ialah seledri. Seledri menjadi salah satu tanaman yang kaya akan serat serta rendah kalori sehingga menjadi pilihan terbaik untuk diet rendah kolesterol. Dalam seledri mengandung vitamin C, vitamin A, senyawa vitamin B folat dan juga kandungan kolin yang tinggi. Selain itu, dalam seledri juga mengandung beberapa mineral penting seperti fosfor, magnesium, kalsium serta potassium yang sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

 

Baca juga :

Kategori: artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *